ANEKA MODEL BAJU ATASAN BATIK 2018 YANG KECE

Artikel kali ini masih  membahas tentang batik ya. Kali ini saya akan membahas macam-macam model atasan khususnya dari kain batik.

Buat teman-teman khususnya wanita pasti selalu ingin tahu tentang model outfit terbaru. Apalagi sekarang banyak bermunculan jenis-jenis kain yang mendukung untuk dibuat outfit. Nah untuk jenis batik sendiri, yang kita tahu ada batik jenis tulis dan batik jenis cap. Tentu saja harga juga mempengaruhi dari jenis tersebut. Sekarang juga banyak bahan seperti katun atau satin yang menggunakan motif batik dan mempunyai nilai jual yang tidak kalah dengan kain batik asli.

Di Indonesia banyak motif batik yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Misalnya batik Pekalongan, Batik Banyumas, Batik Cirebon, Batik Solo, dan masih  banyak motif batik yang lain.

Karena masih banyak orang yang beranggapa bahwa batik terkesan tua dan kolot, makanya sekarang banyak yang membuat batik menjadi lebih menarik untuk digunakan, baik dari atasan, bawahan maupun dress.

Dan untuk kali ini saya akan membahas contoh-contoh atasan dari batik yang semoga bisa menjadi referensi untuk teman-teman semua. Seperti di artikel sebelumnya untuk atasan sendiri ada beberapa jenis baik untuk blouse simple maupun outer atau kombinasi keduanya.

Untuk jenis blouse sendiri, pasti setiap orang punya selera masing-masing, karena akan dipakai sendiri, baik dari segi kenyamanan maupun keindahan.

Ada blouse yang dengan potongan leher berbentuk O atau V, ada juga blouse yang menggunakan kerah (kerah daun, kerah rever,kerah sanghai, kerah rebah, kerah tegak), blouse dengan potongan lengan yang simple, lengan terompet, lengan susun, lengan tulip, lengan kerut, lengan wiru dan banyak sekali model lain yang kalau kita kombinasikan dengan pas, pasti akan menjadi atasan yang bagus dan bisa mempunyai nilai jual yang tinggi. Semua tergantung dari desain awal kita atau diskusi kita dengan penjahit langganan yang sudah sering kita gunakan jasanya.

Baca Juga : Bikin Kaos Distro Satuan

Kali ini saya akan meringkas saja model-model atasan batik yang sering kita jumpai di sekitar kita.

  1. Blouse batik dengan potongan asimetris

Seperti pada artikel sebelumnya, blouse jenis ini akan memberikan kesan ramping dan tinggi pada si pemakai dengan pola asimetris yang tepat. Nah untuk motif batik yang digunakan biasanya sesuai selera, bahkan model ini justru akan membuat imajinasi kita bermain dengan menggabungkan motif-motif yang ada. Sedangkan untuk pilihan warna tentu saja sesuai dengan selera masing-masing. Tapi kalo boleh berpendapat untuk teman-teman yang bertubuh curvy, buatlah atasan dengan model asimetris pada bagian samping dan depan dengan potongan leher berbentuk V. Hal ini berguna untuk membuat penampilan lebih terlihat ramping dan tinggi.

Model batik asimetris leher bulat
Model batik asimetris leher bulat

Model asimetris biasanya digunakan untuk busana kerja atau bisa juga dikenakan pada saat acara formal lainnya. Dibawah ini merupakan contoh atasan dengan potongan asimetris leher bulat dan model asimetris tumpuk.

Model Batik Asimetri Krah Tumpuk
Model Batik Asimetri Krah Tumpuk
  1. Blouse batik dengan kerah sanghai.

Blouse jenis ini bagus digunakan oleh teman-teman yang bertubuh ramping karena akan terlihat lebih curvy. Dengan potongan yang pas busana jenis ini bisa digunakan untuk acara formal maupun non formal. Jenis atasan dengan kerah sanghai bisa juga digunakan pada kemeja untuk pria. Dibawah ini merupakan gambar kemeja kerah sanghai pada pria dan blouse kerah sanghai pada wanita.

Hem Batik Krah Shanghai
Hem Batik Krah Shanghai
  1. Blouse batik dengan model kutubaru

Model kutubaru / kebaya kutubaru mulai menjadi tren kembali, padahal dulu dikenal degan model yang oldfashion. Untuk potongan atasan seperti ini biasanya digunakan untuk acara kantor, atau untuk ke acara undangan. Batik dengan model kutubaru juga sedang hits lho. Ini beberapa contoh gambarnya.

Batik Model Kutubaru
Batik Model Kutubaru
  1. Blouse batik / outer batik model cardigan

Cardigan sendiri berfungsi sebagai outer dalam berbusana. Biasanya cardigan digunakan untuk acara santai atau semi formal. Untuk memadukan cardigan batik agar terlihat nyaman dan enak dilihat, kita harus memperhatikan model cardigan tersebut. Misalnya long cardigan, kita bisa memadukan dengan gamis polos satu warna atau blouse simple, padu padan ini bisa digunakan untuk acara formal. Sedangkan cardigan batik model kimono bisa kita padukan dengan t-shirt ­oblong dengan kulot atau celana pendek santai, tampilan ini bisa kita gunakan untuk jalan-jalan santai bersama dengan teman-teman kita. Berikut contoh gambarnya.

Batik Model Outer Cardigan
Batik Model Outer Cardigan
  1. Blouse batik dengan model lengan terompet

Saat ini banyak model lengan yang bermunculan, semua tergantung selera teman-teman. Salah satu  model lengan yang sedan hits adalah model lengan terompet. Model lengan ini lebih cocok untuk teman-teman yang mempunyai lengan kecil. Sedangkan untuk potongan body biasanya menyesuaikan. Ada yang membuat blouse dengan potongan A menggunakan lengan terompet, bisa juga dengan potongan body peplum dengan menggunakan lengan terompet. Berikut contoh gambarnya agar lebih jelas

Batik Model Outer Cardigan
Batik Model Outer Cardigan
  1. Blouse batik dengan potongan leher O dan V

Untuk blouse dengan bentuk O neck sebaiknya digunakan oleh teman-teman yang mempunyai bentuk tubuh skinny atau ramping agar terlihat curvy. Sedangkan untuk teman-teman yang mempunyai bentuk tubuh curvy sebaiknya menggunakan blouse dengan bentuk V neck agar terlihat ramping dan tinggi.

Batik Model Krah O
Batik Model Krah O
  1. Tunik batik

Tunik sendiri merupakan blouse dengan panjang selutut. Model ini menurut saya pribadi adalah model favorit dan kita bisa menggabungnya dengan jenis kerah atau lengan yang bervariasi. Di bawah ini adalah contoh tunik dengan potongan asimetris dan tunik dengan model A leher bulat.

Batik Model Tunik
Batik Model Tunik

Bagaimana teman-teman artikel kali ini? Semoga bermanfaat dan menambah referensi kalian dalam memilih serta memadukan busana batiknya.

Baca Juga : Bikin Kaos Satuan – The Girl and The Boy

Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *