Belajar Branding #2 – Kenalan Sama Yang Namanya Branding

Belajar Branding #2 – Kenalan Sama Yang Namanya Branding. Sekarang ini makhluk yang namanya Brand dan Branding sedang jadi topik pembicaraan hot di mana-mana. Trus apa sih Branding? kayak gimana wujudnya, bentuknya jenis kelaminnya?

Padahal kini hampir semua orang membicarakannya, laki-laki perempuan, pengusaha pegawai pemerintah, tua muda, bahkan dari ibu kota Jakarta hingga di kota kecil tempat saya tinggal sekarang, Purwokerto, semuanya bicara soal Branding dan semua hal juga di-branding. Mulai dari usaha kecil yang baru tumbuh hingga kota besar yang sudah memiliki akar budaya dan ciri khas yang menonjol seperti Jogkarta, Bandung dan Denpasar-pun melakukan kegiatan yang namanya Branding.

Kalau di postingan pertama Bikin Kaos Satuan yang lalu, kita sudah bicara soal pentingnya kita branding, kini kita akan bicara soal perbedaan antara Brand dan Branding.  Sebelum ngomong soal Branding. Kita perlu tahu dulu yang namanya Brand. Agak susah memang cari padanan kata Brand ke bahasa Indonesia, namun secara umum Brand biasa dikenal sebagai Merek. Secara sederhana, makhluk yang namanya Brand adalah simbol, logo, lambang, nama, design atau kombinasi dari semua itu yang digunakan sebagai ciri khas dari sesuatu (bisa perusahaan, orang, kelompok, tempat, produk, dll). Jadi suatu simbol, logo, nama, design bisa disebut sebagai Brand jika dia langsung dapat dikenali sebagai ciri khas dari sesuatu bisa perusahaan, orang, kelompok, tempat, produk, dll. Contohnya, jika kita melihat gambar kuda jingkrak berwarna hitam, otomatis otak kita akan mengenalinya sebagai logo Ferrari, sebuah mobil sport super mewah, super mahal sekaligus juga super keren mahal buatan Itali. Yang lebih dahsyat adalah kita mendengar nama Hoka-Hoka Bento, banyak yang nyangka kalau Hoka Hoka Bento adalah produk asing. Padahal, Hoka Hoka Bento merupakan Brand lokal asli Indonesia lho hahaha.. Sejak didirikan pada 1985 oleh pengusaha Hendra Arifin, sekarang Hoka Hoka Bento sudah memiliki 150 outlet di Pulau Jawa dan Bali. Dahsyat bukan?

Branding itu sendiri kalau gak salah, adalah proses interaktif antara Brand dengan konsumen agar persepsi tentang Brand tersebut bisa masuk ke hati konsumen. Jadi yang namanya Branding itu sifatnya selalu dinamis dan kreatif mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti perkembangan konsumennya. Tujuan utama Branding adalah untuk menanamkan persepsi ke otak dan hati konsumen sehingga mereka paham akan apa yang ditawarkan oleh Brand. Dengan Branding, konsumen akan dibuat paham akan banyak lhal (tergantung dari strategi Brandingnya) seperti nilai-nilai dan citra yang dianut perusahaan, manfaat & kegunaan produk, keunggulan atau manfaat yang diterima konsumen dan sebagainya.

Dalam hal ini Branding akan sangat membantu Marketing dalam bagaimana menjual suatu produk atau layanan jasa yang ditawarkan sesuai dengan persepsi dan nilai yang akan ditanamkan ke konsumen. Nahh.. kalau gitu apa bedanya Branding & Marketing? Penasaran pengen tahu?…   sabar yaaa… nanti akan dijelaskan besok ya. untuk artikel mengenai branding selanjutnya bisa langsung diliat di situs Bikin Kaos  Satuan. gratis kok,, gak usah bayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *