Belajar Branding #9 – Berlari Mengejar Dash Yonkuro

Belajar Branding #9 – Berlari Mengejar Dash Yonkuro. Ingat dengan yang namanya Dash Yonkuro? Merupakan serial yang diciptakan oleh Zaurus Tokuda. Manga atau serial komiknya muncul dalam CoroCoro Comic, selama 14 volume dalam periode Bulan Desember hingga Maret 1992. Kepopuleran manga ini membuat Tamiya Corporation mengadposinya ke dalam serial TV atau yang dikenal sebagai anime, yang ditayangkan dalam 26 episodes dan ditayangkan oleh TV Tokyo. Serial anime yang hanya berjalan satu season ini ditayangkan pada tanggal 3 Oktober 1989 hingga 27 Maret 1990.

Di Indonesia sendiri serial ini booming pada pertengahan tahun 1990an saat ditayangkan di TVRI. Kepopuleran serial ini sangat luar biasa. Anak-anak pada masa itu selelu menunggu dengan sabar kemunculan serial ini di layar kaca televisi mereka. Mereka sudah mandi dan duduk rapi hanya demi menyaksikan Yonkuro, Tankuro, Shinkuro, Punkuro dan Rinko berlari mengejar mobil mereka dengan menggunakan stik hoki wkwkwk.. Dampak dari serial ini ternyata luar biasa. Mobil (Kit) Tamiya seri Dash Yonkuro yang terdiri dari Dash 1 Emperor, Dash 2 Burning Sun, Dash 3 Shooting Star, Dash 4 Cannon ball dan Dash 5 Dancing Doll laris manis di pasaran. Tak heran jika saat itu banyak anak-anak berlari-lari mengejar Kit mini 4WD dengan kepayahan di depan rumah, karena ternyata lari mini 4WD sangat cepat, tidak seperti yang ada di tivi hahaha

Hebatnya lagi bahkan setelah 25 tahun serial animenya selesai tayang, para penggemar serial Dash Yonkuro ini masih ada. Bukan penggemar lamanya yang kini sudah beranjak tua, namun juga anak-anak mereka. Indikatornya sederhana, Kit seri Dash Yonkuro kini masih tetap menjadi buruan para kolektor mini 4WD. Yang bikin tidak masuk akan adalah harga jual Kit Tamiya seri Dash Yonkuro yang terus melonjak setiap tahunnya, mulai dari yang kisaran Rp. 150.000 – Rp. 200.000 hingga Kit rare yang bisa menembus angka di atas 1 juta rupiah untuk 1 kit nya !!

Berita baiknya (atau bisa jadi berita buruk), Kini manga Dash Yonkuro kembali muncul diikuti dengan gosip akan munculnya lagi seri terbaru Kit Mini 4WDnya. Bisa ditebak, responnya luar biasa. Banyak fans tua dan muda yang penasaran dengan bagaimana cerita manga itu berlanjut serta bagaimana bentuk body dan chassis Kit terbaru yang akan dikeluarkan.

Dari sisi marketing, mungkin ini hanya upaya Tamiya Coorporation menambah pundi-pundi uangnya dengan merilis ulang (atau mengeluarkan design baru) seri Dash Yonkuro. Namun dari sisi Branding, antusiasme para penggila Dash menunjukkan bahwa Brand Value serial ini sudah melekat kuat di hati para pengemar, bahkan setelah 25 tahun. bahkan saat para penggemar yang saat serial ini pertama muncul masih duduk di bangku SMP, kini sudah memiliki anak yang sudah bersekolah di tingkat yang sama dengan dirinya saat dia pertama menonton anime ini. Ini lah kekuatan sebuah brand yang bisa kuat melekat, meski sudah 25 tahun lamanya hahaha. Itu lah hebatnya branding, seperti yang sudah ditulis dalam artikel sebelumnya di Bikin Kaos Satuan. Pertanyaannya adalah, apakah anda termasuk salah satu korbannya? karena saya iya, saya adalah salah satu korbannya wkwkwkwk. Oh ya, kalau kamu pengen belajar lebih banyak lagi soal branding, bisa langsung saja merapat ke situs Bikin Kaos Satuan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *