Belajar Branding #8 – Pentingnya Personal Branding

Belajar Branding #8 – Pentingnya Personal Branding. Kali ini kita akan bicara soal yang namanya personal branding. Baik sebagai enterpreneur ataupun sebagai karyawan, kita perlu mulai membangun yang namanya personal branding. Ada satu orang yang sangat keren untuk dijadikan personal branding. Siapa dia? Dia adalah Andy F. Noya pembawa acara Kick Andy yang fenomenal itu. Kita semua tahu, Kick Andy adalah suatu acara Talkshow yang ditayangkan di salah satu TV swasta kita.

Kick Andy mengusung konsep seperti yang dilakukan oleh Oprah Winfrey. Mulai ditayangkan di layar kaca pada tanggal 1 Maret 2006 dan masih bertahan hingga saat ini. Sudah banyak penghargaan yang diraihnya. Mulai dari Panasonic Globe Award hingga dinominasikan mendapatkan NET.ONE Indonesian Choice Award 2014. Satu hal yang menarik dari acara ini adalah mereka tidak membatasi siapa nara sumber yang diundang. Kebanyakan yang dihadirkan sebagai narasumber adalah orang biasa, sering kali tinggal di daerah terpencil, namun kaya akan kisah inspiratif dan menggugah banyak orang.

Andy F. Noya sendiri, memiliki gaya dan karakter yang unik. Gayanya santai, pertanyaannya yang cerdas, tajam, menggelikik, namun tidak sarkastik. Hal ini lah yang membedakannya dengan pembawa acara lain, dan hal ini juga lah yang membuat Bang Andy menjadi idola baru dan popularitasnya meningkat pesat. Popularitas tersebut membuat Andy F. Noya menjadi brand baru di dalam dunia hiburan di tanah air, hal ini juga yang menyebabkan “nilai jual”nya menjadi tinggi. Tingginya popularitas Kick Andy dan Andy F Noya disebabkan oleh peran media sosial yang mencintai sosok host berambut ikal ini. bagaimanakah peran media sosial dalam branding? bisa kamu baca langsung di artikel Bikin Kaos Satuan.

Mungkin kamu tidak tahu bahwa popularitasnya ini mengundang banyak pihak yang “melamar”, baik sebagai artis sinetron, bintang iklan, bintang film layar lebar, hingga terjun ke dunia politik sebagai anggota legislatif. Namun semua itu ditolaknya. Kita tidak akan pernah melihat seorang Andy F. Noya membawakan acara lain, menjadi bintang iklan atau bahkan menjadi caleg salah satu partai politik. Andy F. Noya merupakan contoh pembentukan personal brand yang kuat, karena memiliki passion, objective dan consistency. Passionnya dalam membawakan Kick Andy sangat tinggi, kita bisa melihat bagaimana semangat dan keberpihakannya pada pekerjaan yang dia jalankan sebagai pembawa acara. Andy F. Noya tidak berusaha menjadi Oprah Winfrey saat menjalankan tugasnya, tapi dia menjadi diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri, kita bisa melihat passion nya dalam membawakan acara tersebut.

Andy F. Noya juga memiliki objective yang jelas saat membawakan Kick Andy. Dia dinilai mampu menyampaikan kritik sosial dengan terbuka, jujur, tidak menggurui, memotivasi, serta memberikan inspirasi bagi banyak orang. objective ini lah yang memberikan energi yang genuine dan tak kenal lelah baginya. Hebatmya lagi, semua itu dilakukan secara konsisten oleh Andy F. Noya. Andy F. Noya merasa bertanggung jawab atas brandnya di acara Kick Andy. Baginya, Andy F. Noya tetap harus menjadi brand yang bersih dan tidak memihak. Itu lah alasannya mengapa Andy F. Noya menolak tawaran menjadi kader partai politik, bintang iklan, hingga artis sinetron.

Hal ini yang dibeli oleh pemirsa acara Kick Andy. Pemirsa tidak semata-mata hanya “membeli” acara Kick Andy, tapi mereka juga datang untuk menonton personal brand Andy F. Noya. Pemirsa acara Kick Andy percaya pada kredibilitas dan personal branding seorang Andy F. Noya. Dalam hal ini, personal branding akan sangat menguntungkan bagi si pelaku. Bahkan ketika seorang Andy F. Noya sudah tidak membawakan acara Kick Andy, atau dia sudah tidak bekerja di Metro TV lagi, “nilai jual”nya tetap tinggi dan tetap akan menaik perhatian banyak orang. Bayangkan kalau ini terjadi pada kamu, kalau kamu punya personal brand yang kuat, maka di manapun kamu berada, di perusahaan manapun kamu bekerja, bisnis apapun yang kamu jalankan, konsumen akan tetap setia dan membeli produk dan jasa yang kamu tawarkan. Itulah kekuatan sesungguhnya dari personal branding. Masih haus ilmu soal branding? kamu bisa langsung ke situs Bikin Kaos Satuan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *